Info Tentang Kata Kata, Fashion, Otomotif, Kecantikan, Hiburan, Elektronik, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Family, Olahraga, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Jaman Now

Moms, Jangan Lewatkan Tahap Pemberian Imunisasi Bayi Ini Ya!

Imunisasi bayi merupakan program wajib dari pemerintah untuk menjaga kesehatan bayi sampai balita seluruh Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak terhindar dari berbagai penyakit dan menjaga kekebalan tubuh.


Tahapan Pemberian Imunisasi Bayi

Pemberian imunisasi tidaklah sembarangan, akan tetapi sesuai dengan usia. Hal ini dikarenakan dosis masing-masing vaksin berbeda sesuai dengan pencegahan, seperti:

1. Usia 0-9 Bulan
Imunisasi Hepatitis B (HB-0) diberikan pada bayi dengan usia kurang lebih dari 24 jam semenjak kelahiran. Hepatitis B diberikan untuk menjaga kesehatan bayi dan mencegah terjangkitnya sakit Hepatitis dimana penyakit ini menyebabkan pengerasan hati.

Untuk usia 1 bulan imunisasi yang diberikan ialah BCG dan Polio. Usia 2 sampai 4 bulan diberikan DPT-HB-Hib 1 dan Polio, untuk usia 4 bukan juga diberikan imunisasi IPV.

Imunisasi polio tetes diberikan untuk bayi mencegah terjadinya kelumpuhan pada bayi. Sedangkan imunisasi polio suntik/ IPV diberikan untuk menjaga kekebalan tubuh agar bayi tumbuh secara optimal.

Sedangkan BCG diberikan untuk mencegah bayi terkena penyakit tuberkulosis/ TBC. Bayi dengan usia 9 bulan akan diberikan imunisasi campak atau MR.

Vaksin campak diberikan untuk mencegah bayi terkena penyakit campak yang dapat mengakibatkan radang paru, diare bahkan infeksi otak. Selain itu vaksin MR ini dapat mencegah bayi terkena penyakit rubella, meskipun tergolong ringan akan tetapi rubella dapat menular.

Apabila menular kepada ibu hamil dengan usia kandungan awal akan berdampak pada keguguran atau bayi akan terkena cacat bawaan.

2. Usia 18 Bulan – 12 Tahun
Usia 18 bulan akan diberikan imunisasi DPT-HB-Hib dan Campak/ MR. Imunisasi ini diberikan  untuk mencegah difteri, pertusis, tetanus, Hepatitis B, pneumonia serta meningitis yang disebabkan infeksi bakteri Hib.

Usia 6 tahun (kelas 1 SD) diberikan imunisasi DPT dan Campak/ MR. Untuk usia 8 sampai 12 tahun diberikan imunisasi Td.

Imunisasi diberikan sesuai usia dan bentuk pencegahannya, tujuannya sama yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh untuk seluruh anak Indonesia. Program kesehatan ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk seluruh orang tua kepada anak-anaknya.

Demikian artikel tentang imunisasi bayi semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Imunisasi merupakan program kesehatan dari pemerintah untuk seluruh anak-anak di Indonesia.

Back To Top