Info Tentang Kata Kata, Fashion, Otomotif, Kecantikan, Hiburan, Elektronik, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Family, Olahraga, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Jaman Now

Kriteria Kulkas yang Baik

Setiap hari kita membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Terkadang kita membeli makanan yang disukai, atau menyetok persediaan makanan. Tidak heran jika kini telah banyak beredar di pasaran merk dan jenis kulkas (diserap dari bahasa Inggris cool case) atau pendingin makanan, namun kita tentu menginginkan kulkas terbaik. Berfungsi untuk menjaga kualitas makanan, mengawetkan, dan menjaga suhu dingin pada minuman kesukaan Anda membuat kulkas dekat dengan kehidupan sehari-hari pada segala kalangan. Demi menjangkau kalangan menengah ke bawah, banyak merk kulkas yang mengeluarkan versi harga terjangkau, namun bagaimana menentukan kriteria kulkas terbaik? Berikut adalah cara mengetahui kriteria lemari pendingin yang baik.


1. Kapasitas
Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda dengan kapasitas kulkas yang akan dibeli. Seberapa sering Anda menyetok makanan, menyimpan makanan yang tidak habis, atau banyaknya makanan yang butuh diawetkan seperti telur, susu, dan lain-lain. Pertimbangkan pula jumlah anggota keluarga yang akan menggunakan kulkas, karena mereka akan makanan sendiri untuk disimpan di dalam kulkas. Setelah mengetahui kapasitas kulkas yang Anda butuhkan, Anda dapat dengan mudah menentukan akan pembelian kapasitas kulkas. Kulkas yang beredar di pasaran umumnya memiliki kemampuan menampung 100-200 liter volume makanan.

2. Ukuran
Ukuran atau dimensi kulkas harus disesuaikan dengan ruang penyimpanannya di rumah Anda. Sisakan ruang sebesar 5 cm di belakang kulkas Anda, dan 2-3 cm di samping kulkas untuk memastikan kinerja kulkas yang baik. Kulkas hadir dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan kebutuhan Anda, diantaranya kulkas built-in, kulkas built-under, dan kulkas freestanding. Kulkas built-in dibuat untuk ditempatkan di bagian tengah dapur, biasanya di antara lemari-lemari dapur yang lain, kulkas built-under untuk diletakkan di bawah counter dapur Anda, dan kulkas freestanding yang berbentuk ramping dan bisa didorong.

3. Kualitas Fisik
Pilihlah kulkas dengan bodi antikarat, kokoh, dan antigores. Bodi kulkas yang baik biasanya terbuat Pre Coated Material (PCM) yang kokoh dan mapan. Bahan ini terkenal dengan kekuatannya terhadap goresan, karat, dan memiliki tampilan yang kokoh dan mengkilat. Setelah meninjau material bodi kulkas, perhatikan juga pintu kulkas dengan cara membuka dan menutupnya kembali. Apakah pintu kulkas tersebut tertutup rapat setelah dibuka atau tidak.

4. Kualitas Pendingin
Meski fitur pendingin pada kulkas berbeda-beda tergantung merknya, namun fitur yang wajib ada pada lemari pendingin adalah multi air flow. Fitur ini membuat suhu pada kulkas merata, sehingga tidak ada yang terlalu dingin di satu bagian sementara bagian kulkas yang lain tidak terlalu dingin. Perhatikan juga jumlah bintang yang tertera pada pintu kulkas. Biasanya ada 3-5 bintang, yang menunjukkan kadar pendingin kulkas. Semakin banyak bintangnya, semakin dingin pula kulkas tersebut bisa diatur. Kulkas dengan bintang 3 biasanya memiliki kemampuan mendinginkan hingga -150 derajat, sedangkan kulkas dengan bintang 5 mampu mendinginkan hingga -210 derajat celcius. Kulkas buatan Indonesia umumnya memiliki bintang 3, sementara bintang 5 dimiliki kulkas buatan Eropa.

5. Harga dan Garansi
Kualitas dan fitur yang ditawarkan kulkas juga berbanding lurus dengan harga. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan fungsional kulkas, dalam membeli kulkas Anda juga dapat menyesuaikannya dengan kemampuan finansial Anda. Penting juga dalam membeli kulkas untuk melihat garansi yang ditawarkan. Memastikan Anda mendapat garansi resmi dapat menghindarkan dari kerugian jika suatu saat kulkas yang dibeli rusak.
loading...
Back To Top