Info Tentang Kata Kata, Fashion, Otomotif, Kecantikan, Hiburan, Elektronik, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Family, Olahraga, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Jaman Now

Gejala Umum Penyakit Saraf

Apa kalian tahu apa saja gejala umum penyakit saraf? Yuk lah simak pembahasan saya kali ini, sebelum mengetahui gejalanya alangkah baiknya kita mengulang kembali apa itu sistem saraf :D  Penyakit saraf dapat berdampak sangat fatal bagi seseorang, karena pada banyak kasus, kerusakan saraf tidak dapat disembuhkan secara total. Penyakit saraf dapat didefinisikan sebagai kondisi di mana terjadi ganggguan pada sistem saraf. Sistem saraf pada manusia merupakan jaringan sel-sel saraf yang bertanggung jawab untuk mentranfer impuls dari otak ke seleruh tubuh agar bisa menjalankan fungsi organ teman-teman. Oleh karena itu, tak heran jika sitem saraf yang rusak bisa mempengaruhi sistem kerja pada tubuh. Kerusakan saraf bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti stroke, efek samping obat, diabetes, dan tangan kesemutan. Apakah sudah siap untuk mengetahui gejala umum penyakit saraf? Eits tunggu dulu, kita juga perlu belajar memahami macam-macam
tipe sel saraf pada manusia, yuk lah langsung simak berikut ini.


Ada tiga tipe saraf pada tubuh manusia yang teridi dari :
Saraf Otonom. Saraf bagian ini mempunyai fungsi mengontrol gerakan dalam tubuh yang tidak disadari seperti detak jantung, tekanan darah, pencernaan, dan pengaturan suhu tubuh.
Saraf Motorik. Saraf bagian ini mempunyai tugas untuk mengontrol gerakan dengan mengirimkan informasi dari otak dan tulang belakang menuju ke otot.
Saraf Sensorik. Saraf ini bertugas untuk mengirimkan infomasi dari kulit dan otot yang kemudian kembali ke tulang belakang dan otak.

Wah sudah banyak materi yang kita dapat ya, dengan begini saya bisa menjelaskan apa saja gejala umum penyakit saraf tanpa membuat kalian pusing dengan istilah-istilah yang akan saya sampaikan dibawah ini, tanpa berbasa-basi, inilah Gejala yang umum ketika mengalami sakit saraf. Simak dengan saksama ya...

Gejala umum penyakit saraf umumnya di bedakan dari jenis saraf yang mengalami gangguan, yaitu:
1. Gejala umum penyakit pada saraf otonom. Karena mempunyai tugas untuk mengontrol segala macam gerakan dalam tubuh, jika penderita tidak berhati-hati dalam beraktivitas akan mengakibatkan nyeri pada mata, mulut kering, disfungsi kandung kemih, dan berkeringat terlalu banyak. bila kita mengeluarkan keringat berlebih saat cuaca sedang dingin atau sebaliknya, mengeluarkan keringat yang terlalu sedikit padahal cuaca sedang panas. Kehilngan keseimbangan yang mempunyai pengertian bila kita sering terjatuh atau tersandung tanpa sebab yang jelas. Kemungkinan besar dalam kasus ini kita mengalami gangguan saraf tepi yang menyebabkan terjadinya gangguan pada persepsi kita. Tidak hanya itu, kehilangan keseimbangan juga bisa menjadi awal gejala dari parkinson, yang merupakan kerusakan yang terjadi pada sel-sel saraf di bagian otak. 

2. Gejala umum penyakit pada saraf motorik. Sesuai dengan tugasnya, penderita yang mengalami kerusakan pada saraf motorik ini biasanya jarang berolahraga sehingga mengakibatkan otot menjadi lemah. Dan bisa mengalami kelumpuhan lho.. Lebih parah lagi, orang yang telah mengalami kelumpuhan dapat menjadi pertanda adanya masalah serius yang harus ditangani dengan cepat, seperti adanya gejala stroke.. iih hayo yang jarang berolah raga, usahakan berolah raga minimal seminggu sekali yahh agar otot kita tidak mengalami gangguan tersebut yahh.

3. Gejala umum penyakit pada saraf sensorik. Umumnya pada saraf ini penderita yang mengalaminya sering bekerja keras atau karena melakukan sesuatu berulang ulang sehingga dapat menimbulkan kesemutan, nyeri yang memliki contoh apabila saraf tersebut rusak dapat menimbulkan gejala seperti rasa nyeri yang hebat secara terus-terusan, serta rasa panas atau kesemutan yang bisa terjadi mulai dari punggung bagian bawah dan menyebar sampai ke bagian kaki. Penyebab penyakit saraf sensorik biasanya akibat jatuh atau lelah pada sumsum tulang belakang. Kebas yang berkepanjangan, bila kita merasakan gejala tersebut berulang kali dan dalam waktu yang lama, sebaiknya segera bicarakan ke dokter. Pasalnya, bisa jadi ada gangguan pada saraf sensorik kita., dan bisa gangguan kesadaran posisi juga lohh.. Contohnya gerakan yang berulang-ulang pada satu posisi seperti berkutat di ponsel, mengendarai motor, memasak, menjahit dan mengetik di komputer. Pun Carpal tunnel syndrome alias saraf kejepit yang biasa menyerang orang yang terlalu banyak duduk.

Bagaimana? Sudah bisa menangkap materi yang saya tuliskan? Tenang jika masih ada beberapa dari kalian yang belum paham, saya kasih contoh gejala penyakit saraf yang sering terjadi di masyarakat nihh.. Cekidott!!

Perlu diingat, beberapa orang dapat mengalami gejala yang berbeda-beda. Adapun gejala nya sebagai berikut :

• Kehilangan kekuatan otot
• Kehilangan pengelihatan atau mata kabur
• Gangguan kemampuan mental
• Sakit kepala berkepanjangan
• Otot mengalami kekakuan
• Nyeri punggung kemudian menjalar ke telapak tangan atau bagian tubuh lainnya
• Hilangnya atau tidak bisa menghitung koordinasi

Wow kita sudah menuliskan secara lengkap dan jelas nihh, apa masih ada yang belum paham akan materi yang saya tuliskan ini? Boleh lah kalian baca ulang tulisan ini agar bisa menyerap ilmunya lebih dalam dan menambah wawasan lebih banyak lagi.
loading...
Back To Top